Tips Memahami Materi Pelajaran

by 0

Tidak semua orang dapat memahami pelajaran dengan mudah. Ada yang perlu sekali saja membaca langsung paham, ada juga yang perlu berulang kali membaca baru paham. Disini ada beberapa tips umtuk dapat menguasai materi pelajaran.

 1. Fokus dan konsentrasi

2. Memerhatikan dengan baik ketika guru menjelaskan di kelas. Sebaiknya anda aktif di kelas, seperti bertanya saat anda mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut. Ini sangat membantu, karena jika anda tidak bertanya maka guru akan menganggap anda sudah paham.

3. Banyak membahas kembali di rumah. Untuk pelajaran yang berupa hitungan dengan cara banyak mengerjakan soal-soal, sehingga anda dapat mengetahui soal-soal mana yang tidak bisa anda kerjakan dan kemudian anda  dapat menanyakan soal tersebut pada guru. Untuk pelajaran berupa hafalan, maka anda harus banyak membacanya lagi dirumah, sehingga anda akan lebih mudah mengingat tentang materi tersebut. Sedangkan untuk pelajaran bahasa asing, maka andaharus banyak berlatih di rumah dengan cara mencoba berbicara dalam bahasa asing tersebut kepada teman anda, jangan takut untuk salah. Dan tentunya banyak membaca teks bahasa asing tersebut, sehingga akan menambah jumlah kosakata anda.

4. Jika anda merasa kurang paham dengna belajar di sekolah dan di rumah maka anda dapat
menambah pemahaman anda dengan mengikuti bimbingan belajar atau les. Ikutilah les sesuai dengan pelajaran yang kurang anda kuasai. Jika anda merasa malu, takut, atau sungkan bertanya di sekolah, maka anda dapat menanyakan hal yang anda tidak pahami di les.

5. Jika anda kurang dapat mengerti jika dijelaskan guru, maka anda bisa meminta bantuan teman anda yang anda anggap lebih menguasai dari anda. Mana tau dengan dijelaskan teman anda maka anda dapat lebih mudah memahami materi tersebut karena kesan yang lebih santai.

6. Membuat kelompok belajar dan secara ruitn mengadakan belajar bersama. Anda dapat menanyakan hal yang anda belum pahami dalam kelompok belajar.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...